Daftar Kecepatan Memori Internal eMMC dan UFS

Smartphonesia.com – Kecepatan Memori Internal eMMC dan UFS ]
Memori Internal adalah salah satu komponen terpenting pada sebuah smartphone. Disinilah kita menyimpan berbagai macam file mulai dari foto, video , musik maupun file aplikasi dan games.

Semakin besar memori internal, maka semakin bagus. Dengan ketersediaan memori internal yang besar kita bisa merasa aman karena tak akan dihantui notifikasi kekurangan memori.

Apalagi saat ini banyak aplikasi yang harus disimpan di memori internal dan tak bisa di pindah ke eksternal.

Pada jaman sekarang, kapasitas memori internal sudah mencapai ratusan giga byte untuk smartphone flagship dan untuk yang low end sekarang juga sudah banyak dibekali memori internal diatas 16GB.

Tapi apakah kamu tahu tipe tipe memori internal yang digunakan pada sebuah smartphone ? Ya,.da dua tipe memori internal yaitu eMMC dan UFS.

Tipe eMMC biasanya dipakai untuk perangkat smartphone menengah kebawah karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan tipe UFS.

Sedangkan untuk tipe UFS sekarang ini wajib untuk smartphone flagship karena menawarkan kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan tipe eMMC meski harga nya lebih mahal.

Nah untuk lebih jelasnya, mari kita lihat tabel kecepatan eMMC dan kecepatan UFS dibawah ini :

Tabel Kecepatan eMMC

Tipe Read(MB/s) Write(MB/s) Tahun
eMMC 5.1 250 125 2015
eMMC 5.0 250 90 2013
eMMC 4.5 140 50 2012
Micro SD
Class 10
40 10

Tabel Kecepatan UFS

Tipe Read(MB/s) Write(MB/s) Tahun
UFS 2.1 890 260 2016
UFS 2.0 460 160 2013

Bila kita lihat tabel diatas, kecepatan eMMC sebenarnya sudah cukup bagus. Apalagi bila dibandingkan dengan kecepatan Micro SD class 10 misalnya, perbedaanya cukup jauh. Masih lebih cepat eMMC

Inilah mungkin sebeabnya beberapa vendor tidak menyediakan memori eksternal pada smartphone mereka terutama yang high end, karena malah bisa memperlambat kinerja smartphone.

Sedangkan untuk UFS, kecepatan nya jangan ditanya lagi, untuk yang versi UFS 2.0 saja sudah mencapai 460 MB/s, hampir dua kali kecepatan eMMC 5.1 kemudian untuk versi UFS 2.1 kecepatanya lebih gila lagi hingga 890 MB/s.

Smartphone Flagship seperti Samsung S9 , Note 8, Google Pixel, Xperia XZ premium sudah menggunakan memori internal tipe UFS 2.1

Smartphone flagship ini butuh memori internal dengan kecepatan tinggi untuk menjaga performa nya agar tetap ngebut. Selain itu sektor perekaman video juga dimajakan dengan memori internal yang cepat.

Okey… Sampai dulu disini perjumpaan kita. Sampai ketemu lagi di pembahasan menarik selanjutnya. Jadi jangan sampai lewatkan artikel – artikel terbaru dari smartphonesia.com
Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Advertisements

Tulis Komentar